UKM Merpati Putih IPB

Bersatu dalam Keberagaman

Bersatu dalam Keberagaman

Indonesia memiliki kebudayaan yang begitu banyak, bahkan Indonesia dinobatkan sebagai negara yang memiliki etnik dan budaya terbanyak di dunia dan hal ini menjadikan kebanggaan tersendiri buat bangsa Indonesia. dari sabang sampai merauke, Indonesia juga memliki bahasa daerah yang beragam, ada bahasa batak, jawa, sunda, melayu, dayak, bugis, maupun papua. dengan adanya keberagaman budaya dan bahasa inilah mencirikan Indonesia kaya akan kebudayaannya.

 

indo

namun adanya keberagaman budaya tersebut menimbulkan suatu persoalan. dengan bahasa dan budaya yang berbeda-beda, kita seringkali tidak dapat memahami akan budaya masing-masing daerah yang akhirnya menyebabkan kesalahpahaman antarbudaya atau daerah. kerasnya watak orang Medan sering disalahartikan oleh kita semua bahwa orang batak itu galak, seram, dan menakutkan. padahal jauh  dari itu semua orang batak tidaklah demikian. mereka memiliki suara yang khas, yakni keras dan kasar. itu karena mereka memiliki jarak antar rumah yang cukup jauh sehingga mereka terbiasa untuk berbicara keras. ini menjadi pelajaran untuk kita semua akan pentingnya sikap toleransi antar budaya dengan memahami kebudayaan daerah tersebut sehingga kita pun akan hidup berdampingan dan saling melengkapi satu sama lain

di kampus kita ini juga, Institut Pertanian Bogor, memiliki mahasiswa yang berasal dari hampir seluruh Indonesia. bahkan ada yang menyebutkan kalau IPB adalah miniaturnya Indonesia karena semua daerah berkumpul di kampus ini. pertama kali dipertemukan di asrama Tingkat Persiapan Bersama (TPB) yang mewajibkan seluruh mahasiswa baru untuk tinggal di asrama tersebut. di dalam asrama kita dipertemukan oleh orang-orang yang berasal dari banyak daerah. Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali, bahkan Papua. kita semua berkumpul, bermain, dan makan bersama meskipun kita ini berbeda suku, agama, dan ras. toleransi dan sikap memahami kita bangun untuk mencapai kerukunan yang abadi di antara kita, tidak saling bermusuhan, dan menjaga kekompakan.

mari sama-sama kita bangun keutuhan bangsa ini dengan memahami satu sama lain, memiliki sikap toleransi antar budaya dan agama, serta tidak adanya diskriminasi. bersatu dalam keberagaman membuat kita menjadi lebih kuat. sesuai semboyan Indonesia : “Bhinneka Tunggal Ika”, walau berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

 

bendera-indonesia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *