UKM Merpati Putih IPB

UKT Merpati Putih Maret 2015

UKT Merpati Putih Maret 2015

UKT dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 21-22 maret di kampus Universitas Pakuan. Kami dari IPB yang mengikuti UKT berjumlah 7 orang. Kami berangkat dari IPB pukul 17.00 WIB menggunakan angkutan umum. Tiba di lokasi tempat UKT pukul 18.30. Kami segera bersiap-siap untuk melaksanakan kegiatan UKT. UKT dimulai pukul 8 malam dengan diawali dengan ujian tulis. Untuk ujian tulis bagi saya tidak terlalu sulit. Karena saya lancar dan dapat mengerjakan semua soal ujiannya. Ujian tulis dilaksanakan selama 20 menit. Setelah ujian tulis, kami makan makanan ringan dan dilanjutkan dengan ujian tata gerak. Untuk tata gerak pada saat gerak diam ditempat, saya masih bisa melakukannya. Namun ada beberapa gerakan yang belum saya ketahui, karena belum pernah diajarkan seperti tarik tampar siku, patah tebu, sautan, dan lain-lain. Pada saat gerak terikat, gerakan 1-4 saya lancar, namun ketika gerakan terakhir saya ngblank karena gerakan ada yang lupa. Untuk gerak tangkap kunci saya lumayan tahu meski ada gerakan yang saya lupa.

Setelah ujian tata gerak dilaksanakan, dilanjutkan denga ujian fisik. Untuk ujian fisik saya hanya kuat setengah jalan dari finish. Itu dikarenakan kaki saya bagian telapaknya sangat sakit dan linu jika dipaksa buat lari. Jadi saya pakai jalan dan tidak dipaksakan lari.

Setelah dilaksanakan ujian fisik, dilanjutkan dengan ujian pematahan benda keras. Target pematahan yaitu 2 rangkap hebel 10 cm dengan menggunakan punggung siku dan 1 rangkap dengan sodokan datar. Untuk yang punggung siku, saya bisa mematahkan, namun pada saat pematahan dengan sodokan, saya tidak dapat mematahkannya. Itu dikarenakan teknik masih belum benar dan ada sedikit keraguan untuk mematahkannya.

UKT selesai hari minggu pukul 10.00 WIB. Untuk evaluasi, ujian tulis tidak terlalu sulit bagi saya. Untuk ujian tata gerak, perlu dilatih dari jauh hari agar saat ujian dapat dilaksanakan dengan mengalir sendirinya dan lancar. Untuk ujian fisik, saya perlu memperbaiki kaki saya yang lagi sakit sebelum UKT dilaksanakan. Untuk pematahan perlu ditambah keyakinan dan teknik pematahanya agar dapat mematahkan benda tersebut. Untuk estimasi waktu UKT perlu di perbaiki. Karena itu sudah terlalu ngaret bagi saya.

 

-Gilang Bagus Listiawan-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *