UKM Merpati Putih IPB

Olah Nafas dalam Merpati Putih

Olah Nafas dalam Merpati Putih

Olah Nafas dalam Merpati Putih

Oleh : Atia Dian Amaliah

Merpati Putih adalah salah satu perguruan pencak silat di Indonesia yang telah tergabung  dalam naungan bendera besar IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Seperti hal nya silat dari perguruan lain Merpati Putih juga merupakan aset budaya bangsa yang harus kita lestarikan sebagai ciri khas dan identitas kita sebagai bangsa Indonesia. Jenis aliran Merpati Putih mulai terbentuk sekitar tahun 1550an dan keilmuannya terus berkembang hingga saat ini selaras dengan kemajuan zaman namun tidak mengurangi ataupun melanggar nilai-nilai tradisi dan filosofisdari awal mulanya Merpati Putih dibentuk.

Dalam silat merati putih sendiri ada tiga kategori utama yang menjadi materi pokok yaitu beladiri, seni (khas merpati putihnya adalah tata gerak) dan olah nafas. Dari ketiga kategori tersebut yang saat ini akan dibahas oleh adalah mengenai keilmuan merpati putih terutama kategori olah nafasnya.

Bernafas adalah suatu kegiatan yang setiap saat kita lakukan. Bernafas adalah prioritas semua makhluk hidup karena tanpa bernafas semua makhluk hidup akan mati (kita semua tau akan hal itu ). Nah, hal inilah yang kemudian menjadi pondasi dasar MP mengembangkan tekhnik olah nafas yang dimana aplikasi dalam olah nafas ini daat mencakup banyak hal contohnya Getaran, Power, Naluri, Lontaran, Pengobatan, Bara api, dan lain lain. Dalam proses olah nafas teknik MP memanfaatkan energi dari ATP .

Dari mana sih ATP tersebut di peroleh?

Dalam teori listrik, kekurangan satu elektron dari satu atom akan menimbulkan gaya listrik. Ketika kita menghirup napas yang kemudian ditahan, akan terjadi pula kekurangan zat asam. Pada saat berlangsung kekurangan ini, timbul suatu zat baru yang sangat aktif untuk membantu mempercepat pengulangan peristiwa kimiawi tadi. Zat ini dikenal sebagai Adenose Triposphat atau disingkat ATP. Tenaga yang ditimbulkan ATP ini adalah 5 kali tenaga yang dihasilkan oleh peristiwa oksidasi itu sendiri. Untuk mendapatkan ATP diperlukan syarat-syarat, seperti penegangan otot, kemudian digabungkan dengan kemampuan psikis dan biologis. Kalau proses oksidasi terus berulang dengan cepat maka akan timbul getaran. Getaran bisa ditingkatkan frequensinya bila kita mengenal ciri-cirinya.

ATP sebenarnya merupakan bisa dibilang zat kimiabiologis yang ada di dalam cell, proses metabolisme tubuh tidak terlepas dari ATP itu sendiri, penguraian ATP -> ADP menghasilkan energi yang kita pake sehari-hari, proses ini terus berualang sehingga kita tetep idup … Selain terurai menjadi ADP, energi juga ada limbah (residu) dari proses yaitu Asam Laktat, makanya kalo kita sering kerja terus menerus timbul pegel, nah ini disebabkan asam laktat tersebut.

Asam laktat tersebut sebenarnya secara biasa kembali mengalami proses seperti diatas tetapi melalui proses yang cukup lama, melalui siklus metabolisme tubuh.Mekanisme pernapasan yang ujung-ujungnya menimbulkan energi (bio energi-inner power) sebenarnya adalah upaya memperpendek siklus metabolisme terutama pada penguaraian asam laktat tadi, dan ini tidak terlepas dari Oksigen atau yang lebih dikenal lagi eter, dengan sedikit oksigen asam laktat akan semakin cepat berubah dan menghasilkan energi yang besar. Proses ini sama seperti reaksi berantainya reaktor atom… (makanya klo orang yang udah nguasain tenaga dalam kan tenaganya kayak bom atom).

Kata kuncinya kekejangan tubuh, sedikit oksigen, konsentrasi, tahan latihan, doa.

Untuk proses olah nafas sendiri di mp ada banyak bentuk , dimulai dari yang paling dasar yaitu pengolahan, kemudian ada pembinaan dan masih banyak lagi yang lagi yang baru akan diberikan sesuai denagn tingkatan (berhubung penulis baru akan beranjak ke balik 1 jadi yang bisa dibagi baru dua bentuk ini ). Hal yang paling menarik dari olah nafas bagi saya adalah dalam hal getaran yang berhubungan dengan pengenalan naluri dan aplikasi lanjutannya bisa untuk pengobatan (keren kan?). Karena bagi saya saat kita mengenal naluri kita saat itulah kita mengenal diri kita yang sesungguhnya . oh iya sebenarnya mengenai getaran ini sendiri saya masih kurang paham jalur bagaimana hai itu terjadi , so saya mencoba mencari beberapa referensi dan inilah yang saya peroleh

Getaran pribadi dalamMP tidak lain adalah bagaimana kita mengenali STRUKTUR ATOM tubuh kita sendiri untuk menemukan ‘bentuk’, ‘warna’, ‘tekstur’, ‘struktur’, dan ‘karakteristik lain’ pada tubuh kita! Dengan begitu, ketika ada energi yang lepas dari atom tubuh kita akibat pancaran energi dari dalam tubuh (yakni nafas). Ingat, hasil olah nafas pada MP menghasilkan energi akibat dari proses respirasi yang menbentuk senyawa kimiawi ATP (adenosin triphospat) menjadi ADP (adenosin dwiphospat) + sejumlah energi di dalam sel-sel mitokondria pada otot. Energi yang dihasilkan ini mengakibatkan tumbukan elektron pada struktur atom tubuh dan membuat elektron keluar dari jalur ikatannya dan naik pada tingkat energi ikatan yang lebih tinggi. Pada kondisi ini, terjadilah efek fotolistrik dimana ia akan mengeluarkan gelombang (foton) dengan panjang tertentu dan memancar keluar sedangkan elektron itu sendiri kembali ke tempatnya semula sehingga tidak terjadi perubahan struktur atom. Pancaran gelombang (foton) dari tubuh ini kemudian mengenai obyek diluar tubuh dan menimbulkan kembali efek yang sama pada obyek yang dikenainya. Pantulan dari obyek yang dikenai gelombang dari tubuh ini kemudian ‘ditangkap’ kembali oleh tubuh (bisa tangan, badan, atau apapun yang digunakan sebagai ‘detektor’) dan sinyal-sinyal ini kemudian dikirimkan ke otak untuk diterjemahkan sebagai ‘sesuatu’.Oleh karena kita sudah mengetahui ‘getaran pribadi’ dan menguasainya, maka tidak sulit bagi pesilat untuk mendeteksi foton yang dipancarkan oleh obyek diluar akibat ‘tabrakan’ dari pancaran foton si pesilat. Dan proses latihan ‘getaran pribadi’ yang mengharuskan pesilat menggunakan ‘detektor’ lain selain mata (bisa tangan, telapak, punggung tangan, atau apapun) menyebabkan otak dapat merespon adanya sinyal-sinyal foton dari luar (yang sebelumnya ditangkap oleh mata saja) melalui detektor tersebut dan menterjemahkannya.

 

Itu teori yang saya peroleh dari referensi kira-kira seperti apa dan bagaimana getaran itu bekerja. Nah untuk pemahaman saya sendiri berdasarkan penjelasan-penjelasan dari pelatih , gerak naluri adalah gerak murni dari diri kita, gerakannyang tidak terkukung dan terbatas olek kelima indera yang selama ini kita ketahui. Gerak naluri adalah gerak untuk mengalahkan keegoisan dari sifat lumrah manusia. Menurut saya tujuan utama dari gerak naluri itu adalah pemenahan dari tiap pribadi ang ingin mencobanya, sedangkan dalam hal dapat menebak warna dalam keadaan mata tertutup dan juga hal aneh lainnya adalah aplikasi yang merubakan nilai tambah sedangkan utamanya adalah mengenai pembentukan pribadinya.

Bingung menjelaskan lebih jauh mengenai masalah keilmuan karena belum memperoleh sedikit dari ilmu yang begitu banyaknya. Namun intinya setiap materi yang kita peroleh di mp adalah hal yang baik yang memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan fungsinya.

– Your brain, interprets the vibration information to mean ‘blue’. – your brain processes billions of signals per second. Other materials in the vase send color signals that your brain integrates with the blue. Various types of atoms communicate additional information, such as texture, specularity, and reflectivity.—

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *